Picture
Kanker payudara merupakan penyakit ganas dimana sel-sel kanker terdeteksi di jaringan payudara. Kemudian sel-sel kanker ini akan menyebar di dalam jaringan serta organ tubuh dan dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Kanker jenis ini menjadi penyebab kematian nomor dua terbesar  bagi wanita. Di Negara Singapura, perbandingan wanita yang mengidap kanker ini sekitar 1:20 wanita. Wanita dengan etnis China memiliki risiko yang lebih besar daripada dengan wanita dari etnis India dan Melayu, sekitar 10-20%. Kelompok usia yang banyak mengalami kanker payudara adalah usia antara 55-59 tahun. Seiring bertambahnya usia risiko kanker payudara semakin tinggi. Ada kabar baik sekarang ini karena sudah banyak wanita yang telah berhasil untuk mengatasi penyakit ini, itu semua berkat deteksi dini serta pengobatan yang tepat.

Sampai sekarang faktor pemicu atas penyakit ini belum diketahui secara pasti. Kemunculnya bisa disebabkan karena riwayat kanker payudara dalam keluarga, dan menstruasi dini serta beberapa faktor lain. Sukarnya untuk memastikan penyakit ini sehingga setiap orang mempunyai risiko, terutama ketika usia menginjak usia diatas 40 tahun. Walaupun faktor penyebab kanker payudara belum diketahui, tapi kesembuhan dapat saja terjadi jika dapat dilakukan pendeteksian dini serta melakukan pemeriksaan secara teratur.

Diagnosis yang dapat dilakukan:

1. Dengan pemeriksaan klinis dari dokter, terutama bila diketahui ada benjolan atau adanya perubahan abnormal pada payudara.

2. Menggunakan mammogram yang berfungsi untuk mendeteksi perubahan serta kondisi yang abnormal.

3. Dengan scan ultrasound pada payudara yang berguna untuk mendeteksi perubahan serta kondisi yang tidak normal.



Comments are closed.