Picture
Siapa yang tak tau akan alat transportasi yang satu ini, “ sepeda ”. Sepeda yang sudah jauh lebih dulu keberadaanya sebelum motor dan mobil yang merayap di kota – kota besar saat ini, sepeda dan manfaat bersepeda sudah mulai ditinggalkan karena dianggap kuno dan tidak menunjang penampilan, hal ini juga dipengaruhi akan gengsi mempertahankan status social.

Namun begitu, dalam belakangan ini menggilanya masyarakat Indonesia akan dunia sport dan hadirnya sepeda – sepeda masa kini seperti sepeda gunung, fixi dan sepeda untuk fashion lainnya mempengaruhi menjamurnya komunitas sepeda di kota – kota besar. Tentu hal ini bukan hanya untuk berkumpul dan bersenang – senang, yang utama pastilah mereka mendapatkan manfaat bersepeda itu sendiri.

Jika anda adalah salah satu orang yang tak mau bersepeda maka cobalah untuk bercinta dengan manfaat bersepeda kali ini, eits.. tapi sebelum anda memulai bercinta dengan manfaat bersepeda kali ini akan saya berikan sedikit manfaat bersepeda yang bisa anda dapatkan, tentu bukan hiv aids yang akan anda dapati. Dan berikut beberapa manfaat bersepeda.

  1. Bersepeda baik untuk jantung Anda : Olahraga bersepeda erat hubungannya dengan peningkatan kebugaran kardiovaskular dan memperlancar peredaran darah, serta penurunan risiko penyakit jantung koroner. 

  2. Bersepeda baik untuk otot-otot : Mengendarai sepeda sangat baik untuk mengencangkan dan membangun otot terutama di bagian bawah tubuh seperti betis, paha, dan bagian belakang.

  3. Menjaga ukuran pinggang tetap ideal : Anda dapat mengecilkan perut dengan membakar banyak kalori saat bersepeda, terutama ketika harus menggowes lebih cepat daripada biasanya. Bersepeda tidak hanya efektif dalam membantu Anda menurunkan berat badan, tetapi juga meningkatkan metabolisme tubuh.

  4. Perpanjang umur : Bersepeda adalah cara yang terbaik untuk meningkatkan umur Anda. Sejumlah riset menunjukkan bahwa melakukan aktivitas bersepeda secara rutin telah dikaitkan dengan penambahan usia, bahkan ketika harus disesuaikan dengan risiko cedera saat mengendarai sepeda.

  5. Bersepeda baik untuk koordinasi : Aktif menggerakan kedua kaki untuk mengayuh, sementara kedua tangan mengendalikan kemudi merupakan praktik yang baik untuk melatih keterampilan koordinasi tubuh Anda.

  6. Baik untuk kesehatan mental : Bersepeda telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan mental.

  7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh : Bersepeda dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sekaligus menjadi alat proteksi terhadap jenis penyakit kanker tertentu.

Selain untuk diri sendiri bersepeda juga bermanfaat untuk lingkungan dibanding kendaraan bermotor yang menimbulkan polusi udara dalam jumlah yang besar. Menurut EPA, di AS sendiri transportasi menyumbang hampir 80% emisi carbon monoksida dan 55% emisi nitrogen oksida. Tidak mengherankan jika banyak daerah di kota metropolitan tidak memenuhi standar udara yang bersih. Meskipun kendaraan pribadi yang ada sekarang lebih sedikit mengeluarkan polusi dibanding kendaraan produksi lama, namun jika jumlah penggunanya terus bertambah, kualitas udara secara keseluruhan juga akan menurun secara drastis. Setiap hari sepeda motor, mobil dan truk membakar jutaan barel minyak bumi, yang merupakan sumber energi yang tak terbarukan. Beralih dari kendaraan bermotor ke sepeda merupakan cara paling mudah dan langsung untuk mengurangi emisi gas buang dari sektor transportasi. Berbagai penelitian semakin menguatkan manfaat menggunakan sepeda terhadap kelestarian lingkungan.

Sebuah publikasi dari Green Commuter menuliskan bahwa emisi kendaaran bermotor menyumbang 31% dari total karbon dioksida, 81% dari karbon monoksida dan 49 persen dari nitrogen oksida yang mengotori udara AS. Sebanyak 60% dari polusi akibat kendaraan bermotor dikeluarkan pada beberapa menit awal penggunaannya. Karena beberapa menit awal ini menciptakan tingkat emisi yang tinggi, maka rute jarak pendek dari mobil lebih banyak menimbulkan polusi per kilometernya bila dibandingkan dengan jarak yang jauh. Perjalanan pendek sejauh 4 mil menggunakan sepeda akan menghindarkan sekitar 15 pound polutan memenuhi udara yang kita hirup bersama. Dengan begitu apakah anda masih bertahan dengan kendaraaan bermotor anda dan meninggalkan banyak manfaat bersepeda ?
7/18/2013 02:03:33 am

terima kasih atas infonya

Reply
saddan
2/6/2017 12:40:54 am

maaf bang saya copas buat tugas

Reply



Leave a Reply.